Langsung ke konten utama

SOSIALISASI KESELAMATAN

Assalamualaikum wr wb
Disini saya akan menge share kegiatan taruna Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan angkatan 27 prodi D4 Manajemen Keselamatan Transportasi jalan. Yaitu kegiatan sosialisasi kepada PKK yang dilakukan oleh kelompok kami atas dasar mata kuliah Teknik Komunikasi. Kami mengadakan sosialisasi pada hari Sabtu 4 November 2017 yang diadakan di rumah Ibu Sugeng dengan ketua PKK Ibu Hj.Badriyah bertempat di RT: 08/ RT: 02 Kelurahan Margadana, Kota Tegal.










Kelompok kami bersosialisasi tentang berkendara dengan keselamatan. Dengan menggunakan materi apa yang telah disampaikan dosen kepada kami dan di sampaikan kepada PKK. Kami menyampaikan dengan pesan dan alat peraga. Penyampaian pesan dengan materi cara berkendara dengan baik dan benar seperti: di dalam perjalanan kita tidak boleh egois dan harus menjaga emosi ketika berkendara. Yang kedua yaitu dalam berkendara menggunakan lajur sebelah kiri dan apabila menggunakan lajur kanan hanya diperuntukkan ketika menyalip kendaraan yang lain. Yang selanjutya yaitu menggunakan lampu sein dengan baik dan benar, apabila belok kiri gunakan lampu sein yang kiri dan sebaliknya.















Setelah itu kami juga menyampaikan pesan melalui alat peraga, alat peraga yang kami gunakan yaitu helm, sarung tangan, jaket, dan sepatu yang layak dipakai ketika mengendarai.  




Dalam penggunaan lalu lintas sangatlah banyak orang yang memakai lalu lintas tersebut dan tujuan kami menyampaikan materi sosialisasi berkendara dengan keselamatan diharapkan PKK dapat mengubah cara berkendara dengan baik dan benar dan menerapkan apa yang telah kelompok kami sampaikan. Dalam menyampaikan pesan sosialisasi ini, PKK sangat antusias kedatangan kami dan senang untuk mendengarkan materi yang kami berikan. Tidak lama waktu yang kami sampaikan sekitar 10-15 menit saja. Tetapi diharapkan sosialisasi tersebut dapat bermanfaat dan dapat menerapkan pesan kami dengan baik dan benar. 
Sekian blog yang saya buat untuk kegiatan sosialisasi keselamatan untuk PKK semoga bermanfaat J

Wassalamualaikum wr wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRAFFIC COUNTING

Selamat pagi, pagi ini saya akan mengeshare apa sih Traffic Counting. Semua akan bertanya tanya apakah yang dimaksud Traffic Counting. Well disini saya akan menjelaskan untuk materi Traffic Counting, simak dengan seksama yaa :) Traffic Counting adalah  Survai yang dilakukan dengan cara menghitung/ mencacah lalu lintas (kendaraan) yang lewat pada suatu ruas jalan pada periode waktu tertentu. Untuk apa tujuan dari Traffic Counting tersebut? Yaitu  1. Mengumpulkan data lalu lintas 2. Mengetahui karakteristik lalu lintas 3. Mengetahui komposisi kendaraan  4. Dan untuk mengukur kinerja lalu lintas JENIS SURVAI PENGHITUNGAN LALU LINTAS 1.      Survai Penghitungan Lalu Lintas di Ruas Jalan (Traffic Counting survey) 2.      Survai Penghitungan Lalu Lintas di Persimpangan (Survai Gerakan Membelok) atau (Classified Turning Movement Counting) DEFINISI VOLUME LALU LINTAS Adalah : Jumlah kendaraan yang melewati  satu titik  waktu tertentu seperti jam, hari dan sebagainya.

SURVAI INVENTARISASI JALAN

Selamat pagi Senin, dihari yang baru ini tentunya setelah weekend ya menikmati akhir pekan hari sabtu dan minggu. Kali ini saya akan berbagi ilmu lagi mengenai materi kuliah Survai Inventarisasi Jalan. Yuk simak selanjutnya J MAKSUD & TUJUAN SURVAI Adalah : Survai yang dilakukan untuk mengumpulkan data-data tentang prasarana jalan dan kelengkapanannya    Jaringan jalan    terdiri dari : Ruas-ruas jalan Simpul (simpang, terminal) Maksud :               Untuk mengetahui kondisi ruas jalan apakah sudah sesuati atau tidak serta mencari kerusakan kerusakan pada suatu ruas jalan tertentu Tujuan : Untuk mengumpulkan data-data geometrik jalan dan simpang; Untuk mengetahui kondisi prasarana & perlengkapan jalan. JALAN ANTAR KOTA ·          Jenis data yang dikumpulkan dalam survai inventarisasi jalan meliputi : Panjang, lebar ruas jalan Jenis konstruksi Fasilitas pejalan kaki, bahu jalan dan drainase Kondisi permukaan jalan, baik a

KERUSAKAN JALAN

Assalamualaikum wr, wb . Saya akan berbagi artikel tentang  JENIS JENIS KERUSAKAN JALAN a. Retak (tracking) dan penyebabnya Retak yang terjadi pada lapisan permukaan jalan dapat dibedakan atas :  1. Retak halus (hair cracking), lebar celah lebih kecil atau sama dengan 3 mm, penyebab adalah bahan perkerasan yang kurang baik, tanah dasar atau bagian perkerasan di bawah lapis permukaan kurang stabil. Retak halus ini dapat meresapkan air kedalam lapis permukaan. Untuk pemeliharaan dapat dipergunakan lapis latasir atau buras. Dalam tahap perbaikan sebaiknya dilengkapi dengan perbaikan sistem drainase. Retak rambut dapat berkembang menjadi retak kulit buaya. 2. Retak kulit buaya (alligator crack), lebar celah lebih besar atau sama dengan 3 mm. Saling merangkai membentuk serangkaian kotak-kotak kecil yang menyerupai kulit buaya. Retak ini disebabkan oleh bahan perkerasan yang kurang baik, pelapukan permukaan, tanah dasar atau bagian perkerasan di bawah lapis permukaan kurang stabi