Langsung ke konten utama

KUNJUNGAN DISHUB SOLO DAN TERMINAL TIRTONADI

Assalamualaikum wr,wb. Sore ini saya akan membuat blog tentang kunjungan taruna d4 Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan XXVII pada hari ke dua pada hari Jum’at 15 Desember 2017. Yaitu kunjungan ke Dishub Surakarta dan Terminal Tirtonadi Solo. Kunjungan ini diadakan agar menambahnya ilmu dan wawasan taruna.



Pada pagi itu kami makan pagi terlebih dahulu dan apel pagi untuk kelancaran hari kedua kunjungan. Pukul 08.00 kami menuju ke Dishub Surakarta. Tibanya disana kami disambut oleh Bapak Dinas Surakarta dan kami masuk ke dalam ruangan rapat guna untuk mengetahui lalu lintas di Kota Solo seperti apa. Taruna sangat menyambut dengan antusias dan sangat memperhatikan materi yang disampaikan. Disisi lain kami juga masuk ke ruang ATCS Dishub Surakarta dan ada sebagian juga yang mengikuti kegiatan sosialisasi keselamatan di Balai Kota Surakarta. Hal ini bertujuan untuk warga agar tau seberapa pentingnya keselamatan di jalan raya.



Setelah acara di Dishub Surakarta selesai kami melanjutkan perjalanan ke Terminal Tirtonadi Solo. Sama dengan halnya seperti yang dilakukan di Dishub Surakarta, kami masuk ke dalam ruangan rapat dan diperkenalkan dengan fasilitas apa saja yang ada di terminal. Hal ini sangat membuat taruna tertarik dengan ilmu ilmu yang diberikan. Apalagi fasilitas Terminal Tirtonadi Solo sudah seperti layaknya bandara yang mana membuat pengguna terminal sangat nyaman dan puas akan pelayanannya. Setelah itu kami diperkenankan untuk melihat fasilitas yang ada di terminal, selain itu kami juga diajak untukmelihat Sky Bridge yang mana jembatan ini merupakan fasilitas penghubung untuk Terminal Tirtonadi Solo dan Stasiun Balapan Solo. Sangat bagus dan nyaman untuk yang ingin melakukan perjalanan seperti naik kereta, mereka bisa menggunakan sky bridge tersebut.
Pukul 16.00 acara kunjungan kami tlah usai dan kami segera persiapan untuk pulang ke Tegal kembali. Sangat banyak ilmu yang kami dapatkan dalam kunjungan yang pertama untuk taruna d4 MKTJ XXVII ini. Terimakasih atas bimbingannya Wasalamualaikum wr wb 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRAFFIC COUNTING

Selamat pagi, pagi ini saya akan mengeshare apa sih Traffic Counting. Semua akan bertanya tanya apakah yang dimaksud Traffic Counting. Well disini saya akan menjelaskan untuk materi Traffic Counting, simak dengan seksama yaa :) Traffic Counting adalah  Survai yang dilakukan dengan cara menghitung/ mencacah lalu lintas (kendaraan) yang lewat pada suatu ruas jalan pada periode waktu tertentu. Untuk apa tujuan dari Traffic Counting tersebut? Yaitu  1. Mengumpulkan data lalu lintas 2. Mengetahui karakteristik lalu lintas 3. Mengetahui komposisi kendaraan  4. Dan untuk mengukur kinerja lalu lintas JENIS SURVAI PENGHITUNGAN LALU LINTAS 1.      Survai Penghitungan Lalu Lintas di Ruas Jalan (Traffic Counting survey) 2.      Survai Penghitungan Lalu Lintas di Persimpangan (Survai Gerakan Membelok) atau (Classified Turning Movement Counting) DEFINISI VOLUME LALU LINTAS Adalah : Jumlah kendaraan yang melewati  satu titik  waktu tertentu seperti jam, hari dan sebagainya.

SURVAI INVENTARISASI JALAN

Selamat pagi Senin, dihari yang baru ini tentunya setelah weekend ya menikmati akhir pekan hari sabtu dan minggu. Kali ini saya akan berbagi ilmu lagi mengenai materi kuliah Survai Inventarisasi Jalan. Yuk simak selanjutnya J MAKSUD & TUJUAN SURVAI Adalah : Survai yang dilakukan untuk mengumpulkan data-data tentang prasarana jalan dan kelengkapanannya    Jaringan jalan    terdiri dari : Ruas-ruas jalan Simpul (simpang, terminal) Maksud :               Untuk mengetahui kondisi ruas jalan apakah sudah sesuati atau tidak serta mencari kerusakan kerusakan pada suatu ruas jalan tertentu Tujuan : Untuk mengumpulkan data-data geometrik jalan dan simpang; Untuk mengetahui kondisi prasarana & perlengkapan jalan. JALAN ANTAR KOTA ·          Jenis data yang dikumpulkan dalam survai inventarisasi jalan meliputi : Panjang, lebar ruas jalan Jenis konstruksi Fasilitas pejalan kaki, bahu jalan dan drainase Kondisi permukaan jalan, baik a

KERUSAKAN JALAN

Assalamualaikum wr, wb . Saya akan berbagi artikel tentang  JENIS JENIS KERUSAKAN JALAN a. Retak (tracking) dan penyebabnya Retak yang terjadi pada lapisan permukaan jalan dapat dibedakan atas :  1. Retak halus (hair cracking), lebar celah lebih kecil atau sama dengan 3 mm, penyebab adalah bahan perkerasan yang kurang baik, tanah dasar atau bagian perkerasan di bawah lapis permukaan kurang stabil. Retak halus ini dapat meresapkan air kedalam lapis permukaan. Untuk pemeliharaan dapat dipergunakan lapis latasir atau buras. Dalam tahap perbaikan sebaiknya dilengkapi dengan perbaikan sistem drainase. Retak rambut dapat berkembang menjadi retak kulit buaya. 2. Retak kulit buaya (alligator crack), lebar celah lebih besar atau sama dengan 3 mm. Saling merangkai membentuk serangkaian kotak-kotak kecil yang menyerupai kulit buaya. Retak ini disebabkan oleh bahan perkerasan yang kurang baik, pelapukan permukaan, tanah dasar atau bagian perkerasan di bawah lapis permukaan kurang stabi