Langsung ke konten utama

KUNJUNGAN JEMBATAN TIMBANG WIDODAREN NGAWI

Assalamuailakum wr wb, setelah waktu yang lama saya tidak membuat blog, malam ini saya akan mulai mengisi blog saya kembali.
Saya akan menceritakan pengalaman kunjungan yang diadakan oleh Taruna D4 Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan angkatan XXVII
Pada hari Kamis, 13 Desember 2017 kami Taruna D4 MKTJ angkatan XXVII mulai berangkat pukul 08.00 pagi dari kampus Margadana menuju lokasi penginapan yang berlokasikan di Sasana Kusuma Krida Surakarta.






Dalam perjalanan kunjungan kami membutuhkan waktu sekitar 10 jam. Saampai di penginapan sekitar pukul 18.00. Dan ketika sudah sampai di penginapan kami makan malam bersama di Sasana Krida Kusuma. Setelah jam makan malam selesai kami diperkenakan untuk istirahat agar dapat mengikuti kunjungan ke esokan harinya dengan baik dan vit.
Keeseokan harinya kami Taruna D4 MKTJ XXVII bersiap siap untuk melakukan kunjungan ke Jembatan Widodaren Ngawi. Sebelum kami berangkat mengisi perut terlebih dahulu agar selalu sehat dan semangat hehe. Pada pukul 08.00 kami melaksanakan apel pagi terlebih dahulu untuk kelancaran kunjungan pada hari pertama. Setelah itu kami berangkat ke Jembatan Timbang Widodaren Ngawi bersama sama. Dan pada pukul 12.00 kami tiba pada lokasi yang pertama untuk kunjungan.








Di Jembatan Timbang Widodaren Ngawi disana kami banyak belajar tentang jembatan timbang, seperti apa dan bagaimana cara pelaksanaanya. Selain teori yang diberikan oleh Pak Agus Sasmito, kami juga bisa melakukan praktek langsung pada jembatan timbang tersebut. Banyak ilmu yang kami dapatkan di jembatan timbang tersebut. Dan ilmu tersebut akan sangat dibutuhkan ketika kami bekerja pada jembatan timbang. Kami mengikuti serangkaian acara yang sudah diatur pada Bapak Kepala Jembatan Timbang Widodaren Ngawi. Pada  saat mengikuti serangkaian acara, kami sangat antusias pada materi yang disampaikan oleh petugas jembatan timbang tersebut.

Sesampainya di pengujung acara pada pukul 16.00 kami segera pulang ke lokasi penginapan yang telah disediakan. Kami tiba pada pukul 18.00 dan setelah itu melakukan pembersihan dan makan malam. Pukul 19.00 kami diperkenakan untuk istirahat agar dapat mengikuti kunjungan pada hari yang kedua dengan baik dan tetap sehat tentunyaa.
Sekian dari blog yang saya buat pada kunjungan di Jembatan Timbang Widodaren Ngawi. Next blog yaitu kunjungan Dishub Surakarta dan Terminal Tirtonadi Solo. Wait and see ya! J

Wasalamualaikum wr, wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRAFFIC COUNTING

Selamat pagi, pagi ini saya akan mengeshare apa sih Traffic Counting. Semua akan bertanya tanya apakah yang dimaksud Traffic Counting. Well disini saya akan menjelaskan untuk materi Traffic Counting, simak dengan seksama yaa :) Traffic Counting adalah  Survai yang dilakukan dengan cara menghitung/ mencacah lalu lintas (kendaraan) yang lewat pada suatu ruas jalan pada periode waktu tertentu. Untuk apa tujuan dari Traffic Counting tersebut? Yaitu  1. Mengumpulkan data lalu lintas 2. Mengetahui karakteristik lalu lintas 3. Mengetahui komposisi kendaraan  4. Dan untuk mengukur kinerja lalu lintas JENIS SURVAI PENGHITUNGAN LALU LINTAS 1.      Survai Penghitungan Lalu Lintas di Ruas Jalan (Traffic Counting survey) 2.      Survai Penghitungan Lalu Lintas di Persimpangan (Survai Gerakan Membelok) atau (Classified Turning Movement Counting) DEFINISI VOLUME LALU LINTAS Adalah : Jumlah kendaraan yang melewati  satu titik  waktu tertentu seperti jam, hari dan sebagainya.

SURVAI INVENTARISASI JALAN

Selamat pagi Senin, dihari yang baru ini tentunya setelah weekend ya menikmati akhir pekan hari sabtu dan minggu. Kali ini saya akan berbagi ilmu lagi mengenai materi kuliah Survai Inventarisasi Jalan. Yuk simak selanjutnya J MAKSUD & TUJUAN SURVAI Adalah : Survai yang dilakukan untuk mengumpulkan data-data tentang prasarana jalan dan kelengkapanannya    Jaringan jalan    terdiri dari : Ruas-ruas jalan Simpul (simpang, terminal) Maksud :               Untuk mengetahui kondisi ruas jalan apakah sudah sesuati atau tidak serta mencari kerusakan kerusakan pada suatu ruas jalan tertentu Tujuan : Untuk mengumpulkan data-data geometrik jalan dan simpang; Untuk mengetahui kondisi prasarana & perlengkapan jalan. JALAN ANTAR KOTA ·          Jenis data yang dikumpulkan dalam survai inventarisasi jalan meliputi : Panjang, lebar ruas jalan Jenis konstruksi Fasilitas pejalan kaki, bahu jalan dan drainase Kondisi permukaan jalan, baik a

KERUSAKAN JALAN

Assalamualaikum wr, wb . Saya akan berbagi artikel tentang  JENIS JENIS KERUSAKAN JALAN a. Retak (tracking) dan penyebabnya Retak yang terjadi pada lapisan permukaan jalan dapat dibedakan atas :  1. Retak halus (hair cracking), lebar celah lebih kecil atau sama dengan 3 mm, penyebab adalah bahan perkerasan yang kurang baik, tanah dasar atau bagian perkerasan di bawah lapis permukaan kurang stabil. Retak halus ini dapat meresapkan air kedalam lapis permukaan. Untuk pemeliharaan dapat dipergunakan lapis latasir atau buras. Dalam tahap perbaikan sebaiknya dilengkapi dengan perbaikan sistem drainase. Retak rambut dapat berkembang menjadi retak kulit buaya. 2. Retak kulit buaya (alligator crack), lebar celah lebih besar atau sama dengan 3 mm. Saling merangkai membentuk serangkaian kotak-kotak kecil yang menyerupai kulit buaya. Retak ini disebabkan oleh bahan perkerasan yang kurang baik, pelapukan permukaan, tanah dasar atau bagian perkerasan di bawah lapis permukaan kurang stabi